Finlandia, Negara Dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia

Semula perkiraan saya mengapa Finlandia negara yang beribukota Helsinki ini bisa memiliki kualitas dengan mutu pendidikan terbaik di dunia karena memiliki anggaran untuk pendidikan sangat tinggi, memang jika dibandingkan dengan negara-negara di eropa lainnya negara ini termasuk menyediakan dana yang lebih tinggi.

Akan tetapi Korea yang mengisi posisi ke 2 terbaik di dunialah yang memiliki anggaran paling tinggi untuk pendidikan. Jadi bagaimana caranya Finlandia bisa mensiasati agar bisa meningkatkan mutu pendidikan di negaranya?

Jika dibuat urutan posisi 5 besar saat ini maka negara-negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia saat ini adalah sebagai berikut:

5 Negara Dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Dunia

 

No Negara
1 Finlandia
2 Korean Selatan
3 Hongkong
4 Jepang
5 Singapura

Jawabannya ternyata adalah pada Kualitas Guru (tenaga pengajar), di Finlandia sendiri anak-anak baru bisa diterima pada sekolah tingkat dasar setelah mencapai usia 7 tahun.

Bahkan jam sekolah mereka lebih sedikit dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang hanya 30 jam perminggu.

Dan para Guru tidak membebani siswa dengan PR (pekerjaan rumah), pelajaran tambahan (les), serta mengekang para siswa dengan aturan-aturan atau disiplin ala tentara (militer) yang mungkin masih kita temukan dalam dunia pendidikan di Tanah Air.

Apa kunci Finlandia bisa memiliki mutu pendidikan terbaik?

Ternyata kuncinya terletak pada kualitas guru. Di Finlandia hanya ada guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula.

Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan, dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima.

Bahkan persaingan untuk bisa menjadi seorang guru atau tenaga pengajar jauh lebih sulit dan lebih ketat daripada masuk ke fakultas hukum atau kedokteran.

Para siswa telah dilatih (didorong) untuk bekerja secara independen dengan berusaha untuk mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan.

Sekolah di Finlandia

Untuk menjadikan suasana sekolah sangat santai dan fleksibel, para Guru berusaha menekan dan meminimalisir semua hal yang berbau “perintah” (komando) agar para siswa tidak merasa tertekan hingga terciptalah suasana belajar yang menyenangkan.

Tidak mengatakan “Kamu Salah” pada siswa serta menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa agar siswa bisa terhindar dari “rasa malu”, karena hal tersebut akan menghambat mereka dalam belajar.

Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Sebuah metode mengajar yang patut dicontoh oleh para Guru di Indonesia saat ini.

Ulasan singkat mengenai negara dengan mutu pendidikan terbaik di dunia kali ini semoga bisa menjadi catatan dan informasi yang berguna bagi kita semua.

Dan para siswa diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing. Ranking hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya.. Maju Terus Pendidikan Indonesia..


error: Content is protected !!